Sejarah terbentuknya PMII

Berdirinya organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dilatar belakangi oleh kemauan keras para mahasiswa Nahdliyin untuk membentuk wadah organisasi mahasiswa yang berideologi Ahlusunnah Waljamaah. Hal ini tidak terlepas dari eksistensi IPNU-IPPNU, karena secara historis PMII merupakan mata rantai dari departemen perguruan tinggi IPNU yang dibentuk pada muktamar III IPNU di Cirebon pada tanggal 27- 31 Desember 1958. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) adalah organisasi kemahasiswaan yang didirikan pada 21 Syawal 1379 Hijriah, bertepatan 17 April 1960 Masehi di Surabaya. Para pendiri PMII adalah aktivis-aktivis mahasiswa Nahdlatul Ulama dari berbagai daerah.

Para pendiri PMII adalah Cholid Mawardi, Sa’id Budairy, M. Shobic Ubaid perwakilan mahasiswa dari Jakarta; M. Makmun Syukri BA dan Hilman dari Bandung; H. Ismail Makky dan Munsif Nahrawi dari Yogyakarta; Nuril Huda Suady serta Laili Mansur dari, Surakarta; Abd. Wahab Jailani dari Semarang; Hisbullah Huda perwakilan Surabaya; M. Cholid Narbuko perwakilan mahasiswa Malang; Ahmad Husain dari Makassar. Mereka berinisiatif membuat organisasi pengkaderan untuk memajukan komunitas Nahdliyin yang nantinya akan berkontribusi memajukan bangsa Indonesia secara khusus, dan umat Islam dunia secara umum.

Sejarah Terbentuknya PMII Komfeis

Sebelum menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). FEB tergabung dalam Fakultas Sains dan Ilmu Sosial sebelum akhirnya memisahkan diri menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Sains menjadi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) saat IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta resmi menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 031 Tanggal 20 Mei 2002. Keppres itu menjadi landasan legalitas formal perubahan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penyesuaian pemisahan yang terjadi pada Fakultas juga diadaptasi pada PMII Komisariat Fakultas Ekonomi dan Sains Teknologi (KOMFEST) yang dimana pada awalnya tergabung dalam KOMFEST dan dilebur menjadi Komisariat Fakultas Sains dan Teknologi (KOMFAST) dan Komisariat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (KOMFEIS).

PMII Komfeis dapat berkembang sampai ini, tidak terlepas dari peran para pengurus terdahulu yang bahu-membahu dalam mengembangkan PMII Komfeis, PMII Komfeis juga terkenal dengan 5 pandawanya yaitu para pengurus terdahulu yang berperan besar dalam perkembangan PMII pada masa awal berdiri, adapun 5 Pandawa tersebut ialah Iskandar Muda, Dian Wijaya Hasyim Marzuki, Aki Darwanto, Margi Sugiantoro. 5 Pandawa ini dapat dibilang memiliki peranan yang cukup besar bagi PMII Komfeis ini, merekalah yang mengurus PMII dari awal berdiri hal tersebut bukanlah hal yang mudah karena pada awal berdirinya PMII Komfeis mereka masih belum ada fasilitas yang memadai dan anggota yang masih cukup terbatas tetapi mereka dapat mengelola dan mengembangkan PMII dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *